P. Raya

Siswandi Dorong Pemda di Kalteng Optimalkan Pelayanan Kesehatan Hingga Pelosok Daerah

PALANGKA RAYA - Untuk menyelesaikan atau mitigasi persoalan kesehatan di wilayah Kalteng, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siswandi mendorong adanya optimalisasi pelayanan kesehatan hingga ke pelosok daerah.

Dai mengatakan, optimalisasi pelayanan kesehatan tentu harus dilakukan secara menyeluruh tidak hanya soal pelayanan pengobatan, tapi juga upaya preventif atau pencegahan melalui sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat di tingkat bawah.

"Fokus penanganan kita saat ini bukan lagi soal pandemi, namun permasalahan kesehatan yang sudah ada sejak lama, seperti halnya stunting. Optimalisasi pelayanan kesehatan ini sangat tepat dilakukan, terutama dalam upaya preventifnya," ujarnya, Sabtu, 30 Juni 2023.

Pemprov maupun kabupaten dan kota melalui instansi terkait diharapkan bisa memaksimalkan peran puskesmas, pustu ataupun posyandu untuk melakukan edukasi pada keluarga di tingkat desa atau kelurahan, terutama untuk menggalakan kembali ketahanan pangan dan pola asuh bagi setiap keluarga.

Dirinya menilai hal ini penting untuk dilakukan. Sebab, pola asuh anak saat ini masih menjadi persoalan yang perlu diselesaikan dalam upaya penurunan angka stunting. Sebab, masih banyak keluarga di Kalteng kurang dalam hal memperhatikan asupan gizi dari makanan yang dikonsumsi anak.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments