P. Raya

Siswandi  :  Pemkab Mura Minta Bantuan Dana untuk Tangani Stunting

PALANGKA RAYA - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siswandi mengatakan ketika Komisi III melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Murung Raya (Mura), pemkab setempat menyampaikan aspirasi yang meminta bantuan dana dari Pemprov Kalteng untuk menangani stunting.

Selain itu, ia juga menyampaikan beberapa catatan dari kegiatan kunjungan komisi III ke fasilitas kesehatan Murung raya. Terlebih catatan terkait faktor penyebab tingginya angka stunting di Kabupaten yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Barito Utara (Barut) itu.

"Ada sejumlah aspirasi dari Pemkab Mura kepada kita saat melaksanakan kunjungan kerja kesana baru-baru ini, salah satunya yakni meminta adanya bantuan anggaran dari Pemprov Kalteng untuk penanganan stunting disana," ungkapnya, Sabtu, 30 Juni 2023.

Lanjutnya, berdasarakan data nasional, angka stunting di Kalteng mencapai 40 persen. Angka itu terbagi disetiap kabupaten dan tertinggi yaitu  Kabupaten Mura.

Dari berberapa pantaun dan kajian, ia menegaskan tingginya angka stunting di Kabupaten Mura ternyata ditingkatan kabupaten dan kecamatan. Sementara penduduk yang tinggal di daerah pedesaan belum terdata dengan baik.

Dikatkannya bahwa dalam rangka menurunkan angka stunting perlu adanya perhatian dan partisipasi semua pihak, utamanya pemerintah yang terjun ke masyarakat dalam memberikan sosialisasi hidup sehat, pendataaan dan penanganan cepat bila menemukan ada gejala stunting pada anak.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments