P. Raya

Siti Nafsiah  Minta Pemda Fokus Sebaran Rabies di Kalteng

PALANGKA RAYA - Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siti Nafsiah berharap pemda baik itu provinsi maupun kabupaten dan kota supaya dapat fokus dalam memperhatikan penyakit rabies yang terjadi di wilayah Kalteng dengan mencanangkan program yang mampu meningkatkan upaya preventif terhadap rabies.

Rabies menjadi salah satu penyakit yang sangat berbahaya, sebab apabila penyakit ini lambat mendapat penanganan yang baik maka bisa mengakibatkan kematian. Oleh karenanya, kewaspadaan dini menjadi langkah yang tepat dalam memitigasi penyakit rabies ini.

" Apalagi, saya dengar di Barito Selatan sudah menyatakan rabies ini sebagai kejadian luar biasa atau KLB. Ini tentu menjadi warning juga untuk daerah lain, bahwa rabies ini tidak bisa disepelekan," ucapnya, Sabtu, 30 Juni 2023.

Selain itu, ia menilai sosialisasi akan bahaya rabies belum cukup masif. Padahal sosialisasi merupakan salah satu bentuk kewaspadaan dini yang sangat penting. Tentunya sosialisasi yang diberikan tidak hanya berfokus pada bagaimana perawatan dan pencegahan hewan peliharaan dari rabies. Namun juga bagaimana pertolongan pertama pasca digigit hewan rabies. Apalagi hewan penular rabies seperti anjing banyak berkeliaran di Kalteng, utamanya di perkampungan yang memang jauh dari fasilitas layanan kesehatan.

Di sisi lain, ia menyebut kesadaran masyarakat untuk secara rutin memeriksa kondisi kesehatan anjing peliharaannya secara rutin sangat penting agar bisa dipastikan bahwa hewan anjing tersebut tetap dalam kondisi sehat dan tidak tertular rabies.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments