P. Raya

Sukses Dan Sangat Meriah Penutupan FBIM

PALANGKA RAYA - Total keseluruhan  penyelenggaran FBIM dan FKN tahun 2024 telah menyumbangkan peningkatan jumlah hunian hotel, wisma dan penginapan dengan transaksi keuangan mencapai 3 Miliar rupiah, dan kedua perhelatan ini juga telah memberi ruang bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta PKL, sampai dengan akhir kegiatan tercatat sebanyak 155 pelaku usaha yang berpartisipasi, dengan perkiraan transaksi ekonomi sebanyak 4 Miliar rupiah. 

Namun disini juga transaksi dengan para pelaku seni, dimana mereka peserta lomba termasuk peserta lomba perahu hias, karnaval, melibatkan jasa mereka pelaku sanggar kemudian juga sewa kostum,  pembuatan kostum kemudian para seniman yang diminta jasanya untuk menghias kapal atau mobil. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Adiah Chandra Sari mengatakan, saat ditemui di kantornya, Jumat 31 Mei 2024.

Lebih lanjut Adiah Chandara Sari menambahkan, Festival Kuliner Nusantara yang diikuti oleh 118 peserta. Sebagian besar dari kota Palangka Raya, tapi pihaknya juga mendapat informasi ada juga dari Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur yang ikut membawa produknya untuk berjualan disini, tetapi mungkin diakomodir Dinas Koperasi dan UKM.

Festival ini juga menjadi bagian dari Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia dan Bangga Buatan Indonesia, yang telah menarik tidak kurang dari 90 ribu pengunjung dan sampai akhir kegiatan diperkirakan total transaksi keuangan, barang dan jasa mencapai ± 20 Miliar rupiah.

“Kegiatan FBIM ini sesuai arahan bapak gubernur, di tahun ini diminta melaksanakan sedemikian rupa meriahnya, karena ini merupakan tahun terakhir beliau menjabat gubernur jadi beliau berharap FBIM yang merupakan, pestanya masyarakat Kalimantan Tengah bisa dinikmati secara maksimal oleh seluruh masyarakat,"ungkapnya.

 

(Era Suhertini)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments