Barsel

Tahun ini dipastikan Musim Tanam Okmar 2023 di Barsel: Fokus di Kecamatan Gunung Bintang Awai

Buntok – Jumat, 29/09/2023, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Barito Selatan, Ida Safitri, mengungkapkan bahwa Musim Tanam Oktober-Maret (Okmar) tahun 2023 di Kabupaten Barito Selatan terpusat di Kecamatan Gunung Bintang Awai.

Menurut Ida Safitri, Desa Tabak Kanilan dan Desa Muka Haji di Kecamatan Gunung Bintang Awai menjadi satu-satunya lokasi di Barsel untuk musim tanam Okmar. Sebelumnya, dilakukan panen raya di food estate di Desa Damparan, Kecamatan Dusun Hilir.

Dengan luasan lahan pertanian sekitar 150 hektar di dua desa tersebut, Ida Safitri memperkirakan penyemaian benih padi akan dimulai pada Oktober mendatang, meskipun kondisi cuaca masih menjadi pertimbangan. Jika musim kemarau berlanjut, para petani mungkin akan menunda penyemaian benih padi. Jenis padi yang akan ditanam mencakup inpari, lokal, dan padi bibit unggul. Ida Safitri juga menyatakan niat untuk berkoordinasi dengan kelompok tani agar penanaman dapat dilakukan secara bersamaan, sebagai upaya mengurangi risiko hama penyakit tanaman.

Ida Safitri menambahkan bahwa berdasarkan informasi dari BMKG, intensitas hujan diharapkan meningkat pada Oktober, memungkinkan dilakukannya penanaman dengan lebih optimal.

 (Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments