Business

Tarif Feri Mintin - Anjir Sampit Pulpis Naik

PULANG PISAU - Tarif feri Mintin-Anjir Sampit mulai Minggu (1/8) kemarin sudah resmi mengalami kenaikan. Tarif feri penyeberangan kendaraan roda empat yang sebelumnya dipatok Rp50 ribu, kini naik menjadi Rp55 ribu.

“Tarif feri untuk kendaraan roda empat sudah naik per 1 Agustus 2021. Kenaikan tarif ini juga berdasarkan peraturan bupati,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pulang Pisau Dr Supriyadi.

Dia mengaku, sebelum memberlakukan kenaikan tarif pihaknya juga telah melakukan sosialisasi. Karena memang sudah cukup lama tarif feri tersebut tidak mengalami kenaikan.

Selain melakukan kenaikan tarif pihaknya juga akan memungut retribusi pada jasa penyeberangan itu.

“Jadi kenaikan tarif itu juga akan membawa kontribusi untuk pendapatan daerah. Jadi ini juga untuk kepentingan bersama,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, retribusi yang akan di pungut dari feri Anjir Sampit sebesar Rp Rp330 ribu per hari dan feri yang dari Desa Mintin sebesar Rp165 ribu per hari. Dengan demikian diharapkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor tersebut akan mengalami kenaikan.

Supriyadi mengungkapkan, jika dihitung target PAD sebesar Rp396 juta pada Dishub per tahun bisa terlampaui.

 “Estimasi perhitungan PAD di Dishub tahun ini bisa mencapai Rp550 juta,” ungkapnya.

Supriyadi menjelaskan, itu dihitung dari target pendapatan kapal feri yang di miliki Dishub yang ditargetkan dalam sebulan mendapatkan pendapatan sebesar Rp40 juta.

“Sedangkan pada bulan Juni 2021 pendapatan telah mampu direalisasikan mencapai Rp200 juta,” ujarnya.

Dia mengaku, secara perlahan namun pasti masih banyak inovasi yang dilakukan Dishub Pulang Pisau untuk mendongkrak PAD dari potensi lainnya.

“Termasuk pengelolaan Pelabuhan Bahaur yang melayani rute, Bahaur-Paciran,” tandasnya.

 

 

(Antang)

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments