Kalteng

Tenggelamnya KM. Satya Kencana 3 Di Pelabuhan Kumai

PANGKALAN BUN - Kapal motor satya kencana 3, milik pelayaran dharma lautan utama, tenggelam di pelabuhan kumai, pada pukul 02.00 wib dini hari, rabu 19/10/2022, dengan membawa 14 unit kendaraan truk fuso, 3 truk kecil, 6 mini bus, dan 4 unit sepeda motor, serta penumpang sebanyak 289 orang, dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Dalam kejadian tersebut tidak ada, korban jiwa karna seluruh, penumpang terlebih dahulu, turun dari kapal pada pukul 00.44 wib, termasuk beberapa kendaraan kecil, dan sepeda motor, sedangkan 9 kendaraan truk fuso, dengan muatan penuh ikut tenggelam dan, masih ada di dalam kapal.

Kejadian berawal dari, salah satu truk fuso saat hendak keluar, dari dalam kapal tersangkut, di ramdoor atau pintu keluar, sehingga membuat kapal, oleng kesebelah kiri, sedangkan 8 truk fuso lainnya dengan muatan penuh, yang antri di dalam kapal, semua  talinya sudah dilepas, sehingga ikut terguling ke sebelah, kiri kapal menumpuk menjadi satu.

Upaya untuk mengembalikan kapal, keposisi semua dibantu 2 buah, kapal takbout untuk menarik, gagal karena, kapal sudah kemasukan air, dan truk fuso yang tersangkut, di pintu kapal jatuh kedalam laut.

Menurut kepala KSOP Kumai, Hary Suryanto, untuk mengantisipasi, pencemaran air laut, dari tumpahan minyak kapal, dan dari kendaraan, yang ikut tenggelam, ksop kumai langsung memasang, oil boom, setelah minyak terkumpul, akan di tembakan zat kimia dispersan, yang akan, membuat tumpahan minyak membeku.    

(Rudi Bintoro)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments