P. Raya

Kalteng Raih Juara 2 Duta Generasi Hijau Nasional

PALANGKA RAYA – Siswa  SMK Negeri 2 Palangkaraya ,Kalteng, Hatalla Sinta Queen , perwakikan  Kalteng, raih juara 2, di ajang pemilihan Duta Green Generation Indonesia, JNGH, generasi hijau tingkat nasional, setelah menyisihkan ratusan   peserta dari 34 provinsi. Event ini digelar di balik papan,  tanggal 3-7 oktober 2022 , Kalimantan Timur. 

Wakil Kalimantan Tengah, Hatalla Sinta, kelas 11 SMK Negeri 2 palangkaraya, berhasil membawa pulang piala juara  ke 2 di ajang jambore nasional generasi hijau, JNGH, yang digelar di balik papan, pada 3 hingga 7 Oktober 2022 .

Berbagai kegiatan wajib diikuti oleh ratusan peserta perwakilan setiap Provinsi di Indonesia. Diantaranya mengikuti workshop yang bertemakan pengendalian pembangunan lingkungan hidup, dan kehutanan,  kebijakan lingkungan hidup, menyusun program  generasi hijau,  menyusun strategi pengembangan program hijau di daereah masing-masing di sesuaikan dengan kearifan lokal setempat,  sosialisasi dari Kilang Pertamina Internasional, mobilisasi menuju lokasi school visit SMP Negeri 3 Balikpapan yang pencetus pertama kali Green Generation Indonesia, dan mobilisasi menuju TPA Manggar .

Peserta pun diajak melihat dan mempelajari keberadaan dan pentingnya tempat pembuangan akhir, dan mengelola sampah secara efektif, hingga mengenal alat sekitar dan bersahabat dengan lingkungan serta alam. Tentu disela sela kegiatan tersebut, penilaian demi penilain dilakukan terhadap para peserta. Hingga saatnya semua peserta unjuk kebolehan dan talenta masing masing.

Kemudian peserta terpilih pun mengerucut menjadi 20 terbaik, setelah itu disaring kembali hingga tersisa 10 finalis terbaik, dan pada endingnya menentukan siapakan yang terpilih menjadi duta generasi hijau nasional juara satu, dua dan tiga.

Pada kesempatan ajang ini, Hatalla Sinta berpidato singkat  bertema paper less, meminimalisir penggunaaan kertas.

Hatalla sinta yang akrab di sapa tata menyampaikan secara singkat, tentang penggunaan kertas yang harus diminimlisir, dokumen, catatan bisa menggunakan catatan digital, di era digital seperti sekarang ini.

Event ini sendiri digelar untuk mengkampanyekan, dan mensosialisasikan kepedulian terhadap lingkungan, alam yang  berkelanjutan, mulai dari  generasi milenial ini. Harapannya tentu para duta terpilih dapat men-transformasikan kepada teman teman generasi muda lainnya untuk bersama sama lebih awer, menjaga alam mulai dari skup lingkungan masing masing dahulu.

Hatalla Sinta pun mengucapkan terimakasih kepada pihak pihak yang telah  mendukung dirinya hingga bisa seperti sekarang. Seperti dinas pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangkaraya, Jurnal Tv Kalteng, Huma Betang Tv,   Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI Kalteng). Tentu saja orang tua dan SMK Negeri 2 Palangkaraya, yang sudah memberikan kesempatan bagi dirinya untuk terus belajar. Prestasi ini sebagai pemantik dirinya untuk lebih lagi mengukir prestasi sesuai dengan bakat dan minat dirinya. Tak lupa dirinya mengajak teman teman muda lainnya untuk maju dan belajar bersama.

(Olivia Teja)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments