Kapuas

Tiga Desa Kapuas Ikuti Seleksi Inovasi Teknologi Tepat Guna 

KAPUAS - Sebanyak tiga desa di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengikuti seleksi inovasi pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna atau ttg, pada Rabu 1 Maret 2023. Seleksi inovasi pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna ini dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kapuas di aula kantor Dinas Pmd jalan tambun bungai Kuala Kapuas.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan mengatakan, seleksi ini dilaksanakan dalam rangka mengikuti lomba gelar inovasi pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna tingkat provinsi kalteng yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 sampai 4 maret 2023.

Adapun tiga desa di Kabupaten Kapuas yang mengikuti seleksi inovasi pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna ini yaitu desa lunuk ramba, desa bungai jaya dan desa basarang.

Inovasi teknologi tepat guna Desa Lunuk Ramba adalah pembuatan pupuk asap cair dan alat pemupuk tanaman buah nenas. Sedangkan desa bungai jaya pengembangkan inovasi pembuatan mesin pengembur tanah. Sementara desa basarang pengembangan inovasi aplikasi web. 

Dari empat inovasi tersebut nantinya akan dipilih satu inovasi untuk mewakili Kabupaten Kapuas mengikuti lomba inovasi pengembangan dan penerapan teknologi tepat  tingkat provinsi kalteng tahun 2023.

Budi kurniawan menambahkan kegiatan lomba teknologi tepat guna merupakan salah satu wadah bagi masyarakat desa untuk melihat permasalahan yang ada di desa sehingga akhirnya muncul inovasi-inovasi yang dibuat secara sederhana.  Sehingga permasalahan itu pun bisa diselesaikan ditingkat masyarakat melalui teknologi tepat guna.

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments