Sosial

Tiga Warga Katingan Dikabarkan Hilang, DPRD Kalteng Usul Ritual Adat

PALANGKA RAYA - Kasus pemilihan tiga orang warga dari tiga desa berbeda di Kabupaten Katingan, mendapat tanggapan dari DPRD Kalteng. Salah satunya dari Ketua Komisi III DPRD Kalteng yang juga mantan Bupati Katingan, Duwel Rawung.

Duwel mengatakan, menganggap tiga warga Katingan sebagai salah satu faktor, salah satunya karena berusia yang sudah tua.
Tidak menutup saat keluar dari rumah, mereka lupa jalan pulang dan pindah. Bisa juga mereka menjadi korban banjir yang bisa terjadi pada saat-waktu. Kemungkinan lainnya, menurut politikus PDIP ini, dimangsa hewan buas seperti ular raksasa. Atau bisa juga mereka masuk ke dimensi alam lain.

Seperti tiga korban hilang, Mile (60)
warga Desa Tumbang Habango, Kecamatan Petak Malai, Rayan Hamat (80) Warga Desa Tewang Karangan, Kecamatan Pulau Malan, Ungga Nusi (75) warga Desa Pendahara, Kecamatan Tewang Sanggalang Garing.

Menurut Duwel, jika tiga orang masuk ke dimensi alam lain, maka perlu dilakukan rangkaian ritual adat Dayak Kaharingan yang terdiri dari Manajah Antang atau Manenung. Tujuannya mencari orang hilang, untuk mengetahui apakah dalam keadaan masih hidup atau sudah mati.

Duwel juga mengharapkan bantuan yang dilakukan warga bersama aparat, dapat membuahkan hasil.

(MN / MB)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments