Kotim

Tim SAR Ditpolairud Evakuasi Masyarakat Terdampak Banjir Di Kelurahan Kuala Kuayan

SAMPIT - Tim Siaga Banjir yang di terjunkan Ditpolairud Polda Kalteng  tengah melakukan evakuasi terhadap korban banjir di Kelurahan Kuala Kuayan Kec. Mentaya Hulu, Kab. Kotawaringin Timur pada malam hari. Senin (06/09/2021) Malam.

"Debit air cenderung meninggi pada malam hari sehingga personel SAR melakukan penyisiran ke lokasi banjir mencari warga yang akan di evakuasi," terang Direktur Polairud Polda Kalteng Kombes. Pol. Pitoyo Agung Yuwono, S.I.K., M.H.Hum., senin malam. 

Kelurahanan Kuala Kuayan di Kabupaten Kotim merupakan salah satu wilayah yang paling parah di terjang banjir. Banyak rumah warga dan fasilitas publik serta sekolah bahkan puskesmas habis tergenang air dengan ketinggian mencapai satu sampai dua meter. 

"Air tak juga surut sejak dua hari terakhir yang kondisinya sangat parah. Ditambah dengan curah hujan yang tak kunjung menurun," terang Kombes Pitoyo. 

Kombes Pitoyo pun memastikan tim SAR Ditpolairud Polda Kalteng terus di siagakan di lokasi bencana dan fokus membantu proses evakuasi warga yang bersedia mengungsi ke tempat lebih aman. 

Bantuan berupa sembako juga didistribusikan baik di posko dan tenda darurat maupun diberikan langsung ke rumah-rumah warga yang terdampak banjir. 

Kombes pol Pitoyo menuturkan jumlah petugas yang membantu penanganan banjir di Kabupaten Kotim memang perlu terus ditambah, termasuk sarana perahu karet untuk evakuasi dan penyaluran bantuan. 

"Dalam kondisi bencana saat ini, dibutuhkan tim SAR gabungan yang solid untuk bahu membahu dalam penanggulangannya. Tentunya mencegah jatuhnya korban jiwa jadi prioritas utama," tutupnya

(TribrataNews/Mela)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments