Kalteng

Tingkatkan Ekonomi & Kesehatan, Pemkab Katingan Lakukan MoU Dengan Pemkab Melawi Kalbar

KATINGAN – Untuk meningkatkan ekonomi dan kesehatan masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan melakukan Penandatanganan Kerja Sama atau MoU dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi Provinsi Kalimantan Barat.

Bupati Kabupaten Katingan Sakariyas mengatakan, kerja sama yang dibangun dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi, yang telah ditandatangani Bupati Sakariyas dan Bupati Melawi Dady Sunarya, khususnya dibidang infrastruktur dan kesehatan, dengan harapan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat serta peningkatan kesehatan.

“Hari ini kami sudah lakukan penandatanganan kontrak kerja sama dibidang infrastruktur dan kesehatan, harapannya, kedepan bisa berdampak pada pertumbuhan ekonomi serta kesehatan kedua daerah,” Ungkap Bupati Katingan Sakariyas, usai lakukan penandatanganan kerjasama di kantor Bupati Katingan, Selasa (18/1/2022).

Lebih lanjut, kata Sakariyas, khususnya dibidang infrastruktur, yang akan di lakukan yaitu pembukaan jalan, antara kedua kabupaten yaitu Katingan dan Malawi yang secara geografis berbatasan langsung.

“Untuk infrastruktur, kami berencana membuka jalan, sehingga bisa terhubung kedua kabupaten dan ini akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi kedua daerah,” katanya.

Namun, kendala yang dihadapi untuk membangun infrastruktur jalan, ujar orang nomor satu di Kabupaten Katingan, Sakariyas adalah harus melewati hutan lindung yaitu Bukit Raya dan Bukit Baka. 

“Jadi kendalanya itu, melewati hutan lindung, namun kita membuka jalan terlebih dahulu, setelah itu kita akan berkoordinasi dengan Balai Jalan wilayah Kalimantan Tengah, sehingga bisa dikucurkan anggaran melalui APBN,” jelas Sakariyas. 

Menurut Sakariyas, saat ini masyarakat Kabupaten Katingan, yang berbelanja atau melakukan perawatan di Kabupaten Melawi, membutuhkan waktu dua hari, namun ketika akses jalan di buka, waktu tempuh hanya sekira delapan jam.

“Kalau jalan sudah terhubung, waktu tempuh hanya delapan jam, makanya ini yang akan kita upayakan bersama,” tandasnya. 


(Nofriyanto)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments