Kalteng

Tingkatkan SDM Pelaku UMKM

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

ANGGOTA DPRD SERUYAN MUSFUATUN

KUALA PEMBUANG - Kalangan DPRD Kabupaten Seruyan Musfuatun, berharap kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia agar bisa meningkatkan perekonomian keluarga dengan pengembabangan berbagi produk atau kerajinan daerah secara maksimal.

"Saya berharap kepada pihak-pihak terkait agar bisa memberikan penyuluhan terkait untuk pengembangan SDM (sumber daya manusia) melakukan pelatihan ketrampilan serta menggali potensi masyarakat secara maksima, untuk mampu bersaing, " ujar Musfuatun.

Menurutnya sudah sepatutnya Pemkab Seruyan menggali berbagai kerajinan daerah untuk bisa dijadikan peroduk unggulan dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi hingga bisa menjadi sumber usaha bagi masyarakat Seruyan.

Lanjutnya banyak sekali keterampilan masyarakat Kabupaten Seruyan yang bisa di kembangkan dan memiliki nilai jual seperti anyaman.

"Dukungan Pemkab Seruyan sangat dibutuhkan dalam peningkatan mutu pengrajin agar bisa lebih memaksimalkan hasil olahan produknya karena dalam upaya pemulihan ekonomi di masa-masa pandemi ini, dibutuhkan sinergi antara pemerintah dan para pelaku usaha," harapnya.

Musfuatun, mengatakan bahwa pengrajin lokal seperti batik, rotan, dan makanan khas daerah perlu di berikan kesempatan untuk mengembangkan. Usahanya, dengan dukungan dari pemkab sebagai naunganya, dengan memberikan pembekalan SDM agar pelaku usaha kecil dapat meningkatkan kualitas usahanya agar mampu bersaing, di dalam daerah ataupun di luar daerah untuk memasarkan hasil produk-produknya.

"Saya berkeyakinan dengan pengembangan SDM, akan mencetak para pelaku UMKM yang mandiri mampu menciptakan nproduk-produk baru yang lebih inovatif, hingga mampu bersaing di pasaran, dan memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga bisa menggerakan ekonomi kerakyatan yang mandiri," pungkasnya.

 

(Giya/Altius)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments