Nasional

UMKM Pemuda Di Kalteng Harus Kompak Dan Ada Fasilitator Yang Jelas

JOGJAKARTA  - Kaum  Milenial, Generasi Z, tak luput dari perhatian Forum Kerukunan Umat Beragama, FKUB Kalteng. Organisasi ini tidak hanya berbicara tentang kerukunan umat saja, namun FKUB harus berperan meningkatkan kesejahteraaan masyrakatnya, termasuk menyentuh aspek ekonomi dan ketrampilan bagi kaum muda, di suatu daerah. Harapannya akan ada korelasi yang sinergis antara kesejateraan ekonomi dan kondusifitas keamanan daerahnya masing masing.

Pengelolaan dan memberdayakan secara optimal  UMKM, dengan meningkatkan  kemampuan, life skill, bagi para pemuda menjadi salah satu point yang di lirik untuk  diterapkan oleh forum kerukunan umat beragama, FKUB  Kalteng. hal ini disampaikan salah satu anggota FKUB Kalteng, Joko Santoso, saat di temui usai menghadiri kegiatan kunjungan studi tiru, FKUB, Pemrov, Pemkab Pulang Pisau, Kemenag, di kantor Kesbangpol Daerah Istimewa Jogjakarta, Rabu, 30 Agustus 2023.

Sebelumnya rombongan ini telah melakukan kaji tiru di Sidoarjo Jawa Timur, untuk melihat pengembangan potensi UMKM dan geliat kepemudaannya di sana terkait dengan hal kerukunan umatnya, dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, mengkaji bagaimana pertanian setempat bisa dijadikan saranan pertanian wisata yang mampu menghasilkan income lebih bagi masyarakatnya.

Kemudian rombongan melanjutkan ke daerah istimewa Jogjakarta, mempelajari dan sharing bagaimana daerah ini membangun Desa Wisatanya dengan tetap mengedepankan keguyub-rukunan warganya. Potensi Wisata dan moderasi beragama,mampu seiring sejalan. Potensi besar para pemuda kalteng untuk menghasilkan income,dengan melakukan terobosan bidang UMKM, adanya fasilitaror yang jelas sehingga tidak berjalan sendiri sendiri.

 

(Olivia Teja/ Samhadi)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments