Kalteng

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 76 di Katingan Berlangsung Sederhana

Kasongan - Upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Katingan diperingati secara sederhana dengan jumlah peserta upacara yang berhadir secara fisik terbatas, karena masih pandemi Covid-19, Selasa, 17 Agustus 2021.

Upacara HUT Kemerdekaan RI di Bumi Penyang Hinje Simpei ini dipimpin Bupati Katingan Sakariyas berlangsung di halaman kantor bupati mulai pukul 7.30 WIB. 

Undangan yang berhadir secara fisik di antaranya Wakil Bupati Sunardi Litang beserta isti, Ketua DPRD Katingan Marwan Susanto beserta istri, Sekda Pransang beserta istri. Lainnya ada Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo, Perwira Penghubung 1015 Kodim Sampit di Kasongan Mayor Inf Supriyanto, Kepala Kejaksaan Negeri Katingan Firdaus, perwakilan dari Pengadilan Negeri Kasongan dan sejumlah tamu undangan lainnya. 

Sementara untuk peserta upacara sejumlah anggota TNI, Polri dan Satpol PP. Sedangkan pasukan pengibar bendera jumlahnya juga dibatasi.

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 76 di Katingan berlangsung aman dan lancar. Dalam kesempatan ini Bupati Sakariyas yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan amanat Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran.

Usai memimpin upacara, Bupati Katingan Sakariyas mengatakan jika Kemerdekaan RI ini wajib hukumnya diperingati. "Namun dua tahun belakangan ini peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ini dilaksanakan secara sederhana karena memang dalam situasi pandemi Covid-19 yang melanda kita Provinsi Kalteng dan Kabupaten Katingan saat ini," katanya.

Namun demikian, kata Sakariyas peringatan yang sederhana ini tidak mengurangi makna yang dilaksanakan. Sakariyas juga menyampaikan pada pukul 9.30 WIB pihaknya juga bakal megikuti detik-detik proklamasi kemerdekaan RI secara virtual zoom yang dilaksanakan oleh pihak istana negara. 

"Ini juga sederhana tidak dilakukan seperti yang sudah-sudah," tuturnya.

Dalam kesempatan ini Sakariyas juga mengimbau kepada warganya agar tetap mematuhi protokol kesehatan untuk memutus penyebaran Covid-19.

Dalam rangkaian peringatan HUT kemerdekaan RI  ke 76 ini, Bupati Sakariyas juga menyerahkan tanda kehormatan anda satyalancana karya satya terhadap sejumlah ASN Pemkab Katingan 

 

 

(Didit)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments