P. Pisau

Updating Data Dalap, DP3AP2KB Pulpis Gelar Pembinaan Kader dan Poktan

PULANG PISAU- Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Pulang Pisau menggelar kegiatan pembinaan Kander dan pembinaan kepada Kelompok Kegiatan (Poktan), Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluraga Remaja (BKR) Bina Keluarga Lansia (BKL) dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor atau UPPKA se kabupaten Pulang Pisau.

Kegiatan yang dibuka langsung kepala DP3AP2KB Kabupaten Pulang Pisau dr. Bawa Budi Raharja didampingi Sekretaris Dinas, Ma'rup Kurkhi dengan melibatkan peserta 30 orang dari Kader KB dan Poktan di Aula Kantor DP3AP2KB, Senin (10/1) itu dalam rangka menindaklanjuti Surat BKKBN tentang Updating Data Dalap dan dilaksanakan selama 4 hari, mulai tanggal 10 hingga 13 Januari 2022.

Kepada awak media, Kepala DP3AP2KB Kabupaten Pulang Pisau dr. Bawa Budi Raharja melalui Sekretaris Dinas, Ma'rup Kurkhi mengatakan kegiatan pertemuan dan pembinaan kepada Kader dan Kelompok Kegiatan (Poktan) ini dalam rangka menindaklanjuti surat BKKBN tentang Updating Data Dalap. Salah satu tujuannya, kata Ma'rup, guna mengetahui keberadaan penyuluh, kelompok kegiatan (Poktan) yang ada di desa, keberadaan Kampung KB, keaktifan BKB, BKR, BKL, BKKBD sub BKKBD, Petugas Penyuluh Keluarga Berencana Desa (PPKBD), serta Faskes dari KB yang ada di Kabupaten Pulang Pisau.

Apabila surat ini tidak kita tindaklanjuti, kata Ma'rup, yakni berupa pengisian K/Nol, maka kita tidak akan bisa menggunakan Sistem Aplikasi Berbasis Keluarga atau New SIGA yang akan diluncurkan pada tahun 2022

Jadi, mau tidak mau kita harus berinovasi mengumpulkan para Kader dan Poktan sekaligus memberikan pelatihan mengajarkan mereka aplikasi secara elektronik menggunakan handphone, " ucap Ma'rup.

"Saya bilang ke mereka, tidak ada gunanya kita bekerja, dan tidak ada gunanya kita aktif di lapangan, jika kita tanpa membuat laporan," katanya.

Ia menjelaskan materi kegiatan pembinaan Aplikasi News SAGA hari ini merupakan data dasar atau disebut K/Nol, seperti kepengurusan, SDM, program kegiatan yang sudah dilakukan dan sarana prasarana lainnya. Data-data pengisian K/Nol ini ke depan akan menjadi bahan perencanaan BKKBN.

Ia juga mengungkapkan kegiatan pertemuan dan pembinaan Kader dan Poktan se Kabupaten Pulang Pisau ini akan di laksanakan selama 4 hari, mulai tanggal 10 hingga 13 Januari mendatang dengan peserta setiap hari dari 2 kecamatan, yakni Ketua Kader dan Poktan dengan jumlah sekitar 30 peserta secara berganti.

"Ka1rena masih dalam suasana pandemi, kegiatan pertemuan dan pembinaan Kader dan Poktan se Kabupaten Pulang Pisau kita laksanakan secara terjadwal, dan setiap kegiatan menghadirkan 2 kecamatan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) sesuai anjuran pemerintah, " tutup Ma'rup Kurkhi.

(Antang)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments