P. Pisau

Wakapolres Pulang Pisau Raih Gelar Doktor 

PALANGKA RAYA - Wakapolres Pulang Pisau Kompol Edia Sutaata berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Lingkungan di Universitas Palangka Raya (UPR), Kota Palangkaraya. Melalui disertasinya yang berjudul Solusi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut di Kota Palangka Raya dengan Pendekatan Keadilan Restoratif. 

Didikan program studi pascasarjana, mahasiswa Kompol Edia Sutaata memperoleh Gelar Doktor yang digelar di gedung pusat pengembangan inovasi IPTEK Gambut (PPIIG) Universitas Palangkaraya, Senin, 4 Maret 2024.

Mahasiswa meneliti dan menyampaikan disertasinya tentang penegakan hukum untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan gambut di kota Palangkaraya dengan pendekatan keadilan restoratif bagi masyarakat di hadapan dosen penguji yang terdiri dari pakar-pakar di bidang ilmu lingkungan dan hukum.

Mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat sangat baik. Pasca memperoleh gelar doktor ini, mahasiswa kepolisian Indonesia berpangkat Kompol, yang kini menjabat sebagai Wakapolres Pulang Pisau di Kalimantan Tengah.

Dalam penelitiannya yang telah dilakukan di 2 wilayah kota Palangkaraya dan Pulang Pisau, ini diharapkan dapat diterima dan diterapkan menjadi acuan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan gambut yang memenuhi kriteria-kriteria dapat dilakukan keadilan restoratif di kabupaten lainnya. 

 

(Surya Adi Winata)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments