P. Raya

Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Bela Negara di Provinsi Kalimantan Tengah

PALANGKA RAYA - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) bersama Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah H. Nuryakin memimpin kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Bela Negara Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024 yang dilaksanakan di di Hotel Best Western Batang Garing Palangka Raya. ini pada Senin (4/3/2024).

Dalam upaya meningkatkan kesadaran bela negara, terutama pada generasi muda, Kesbangpol Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Bela Negara Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024 mengangkat tema "Generasi Muda Sebagai Agen Perubahan dalam Membangun dan Memperkuat Jati Diri Bangsa Indonesia melalui Nilai-Nilai Bela Negara."

Dalam rangka menggali potensi generasi muda sebagai agen perubahan, materi yang disampaikan dalam acara ini sangat relevan. Di antaranya adalah pentingnya mencapai prestasi tanpa narkoba, membangun karakter sejak usia dini melalui sikap toleransi, menghargai perbedaan, dan menghormati keberagaman agama, budaya, suku, dan ras (stop bullying). Tak ketinggalan, bela negara dalam perspektif lingkungan juga menjadi fokus pembahasan.

Kegiatan ini menjadi krusial karena bela negara bukanlah hanya tanggung jawab pemerintah, namun tanggung jawab bersama untuk melindungi, mempertahankan, dan memperkuat kedaulatan serta keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sekda H. Nuryakin menegaskan bahwa visi Indonesia Maju 2045, sebagai cita-cita untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju, menjadi tujuan dari bela negara.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah narasumber, di antaranya Plh. Kepala BNNP Kalteng Bintari Rahayu, serta narasumber dari DP3APPKB Provinsi Kalteng dan UPR Palangka Raya. Para pejabat administrator di lingkungan Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng juga turut hadir, bersama dengan peserta sosialisasi yang merupakan tokoh masyarakat, pemuda, dan pelajar.

Dengan diadakannya sosialisasi ini, diharapkan generasi muda dapat menjadi agen perubahan yang positif dalam membangun dan memperkuat jati diri bangsa Indonesia melalui nilai-nilai bela negara.

(Hariri)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments