Katingan

Wakil Ketua DPRD Katingan Mendukung Kegiatan Lomba Manasik Haji dan Mengusulkan Kegiatan rutin Tahunan

KATINGAN - Adanya dukungan penuh pentingnya pelaksanaan lomba manasik haji oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Katingan. juga mendorong agar kegiatan semacam ini diadakan secara rutin setiap tahun. Hal tersebut disampaikan  Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah.

Sabtu 12/08/2023, dihadapan awak media, Nanang menyampaikan pandangannya saat menghadiri Lomba Manasik Haji Massal, yang diselenggarakan di halaman Sekretariat Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Katingan.

Ia mengatakan adanya lomba manasik haji seperti ini memberikan manfaat besar kepada masyarakat Katingan, khususnya bagi peserta yang terdiri dari anak-anak berusia 5 hingga 17 tahun, mulai dari siswa taman kanak-kanak (TK) dan madrasah ibtidaiyah (MIN), hingga sekolah dasar (SD) dan tsanawiyah, serta sekolah menengah atas (SMA) dan madrasah aliyah setempat.

Nanang menekankan pentingnya pendidikan dini yang memberikan pemahaman dan praktik langsung tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, yang merupakan salah satu dari Rukun Islam kelima. Ini membantu anak-anak muda untuk memahami tugas suci ini sejak dini, sehingga mereka dapat menunaikannya dengan lebih baik ketika mereka memenuhi syarat dan kesempatan untuk melaksanakannya.

"Kegiatan semacam ini adalah peluang berharga bagi anak-anak kita untuk memahami dan melaksanakan ajaran agama kita. Ketika mereka menjadi calon jemaah haji kelak, mereka tidak akan merasa canggung atau kebingungan," ungkap Nanang.

Selain manfaat untuk peserta, Nanang juga menyoroti dampak positif bagi orang tua peserta yang pasti mendukung kegiatan semacam ini. Dia mengusulkan agar lomba manasik haji menjadi acara tahunan untuk mendorong semangat belajar dan pemahaman agama yang lebih baik di kalangan anak-anak.

Dia juga tak lupa menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Kepala Kemenag Kabupaten Katingan, para staf, dan panitia penyelenggara atas upaya mereka dalam menyelenggarakan lomba manasik haji untuk masyarakat Katingan.

Nanang mengungkapkan kagumnya terhadap jumlah peserta yang besar dalam lomba manasik haji tersebut, menganggapnya sebagai pencapaian luar biasa oleh Kemenag dalam menghimpun peserta sebanyak ini.

 

(Novryanto)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments