Nasional

Warga Kalbar Tandu Orang Sakit Lewati Jalan Berlumpur Sejauh 3 Kilometer

SANGGAU - Warga Dusun Ilai Pejugan, Desa Sei Ilai, Kecamatan Beduai, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, harus bersusah payah melewati jalan berlumpur untuk menandu orang sakit sejauh 3 kilometer. Video warga menandu orang sakit tersebut pun viral di media sosial. Warga harus menandu orang sakit tersebut agar bisa mendapatkan penanganan medis. Warga sakit bernama Noor itu ditandu dengan menggunakan kayu yang dialas dengan karung goni. Warga pun bergotong royong untuk menandu warga tersebut. Sedikitnya ada 18 warga yang membantu menandu orang sakit tersebut.

Noor rencananya akan dibawa ke kampung halamannya di bengkayang. Ia patah kaki sebelah kiri usai mengalami kecelakaan saat mengendarai sepeda motor. Warga terpaksa menandu orang sakit lantaran sulitnya akses jalan di wilayah setempat. Bahkan, jalan tersebut sulit dilalui oleh mobil.

Belakangan diketahui, jika ini bukan kali pertama warga harus menandu orang sakit. Setiap ada yang sakit parah warga harus menandu orang sakit dengan melewati jalan yang sama. Begitu pula bila ada warga yang meninggal di rumah sakit, jenazahnya juga ditandu untuk dibawa ke rumah duka. Warga pun berharap kondisi tersebut mendapat perhatian dari pemerintah dan pihak perusahaan setempat.

(Yahya Iskandar)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments