Kobar

Warga Korban Banjir Mulai Terserang Penyakit

PANGKALAN BUN - Warga yang terdampak banjir. Dan tetap bertahan di rumah mulai. Terserang berbagai macam.  Penyakit, seperti demam,batuk,pilek, gatal karna iritasi kulit, kutu air serta hipertensi dan diare, dari air yang perlahan mulai surut, kotor dan berbau serta aktifitas warga yang kurang istirahat, mudah terserang penyakit.

Warga yang tidak mau mengungsi, bukannya tanpa alasan meski di tengah kepungan banjir mereka tetap harus mencari nafkah. Bekerja sebagai buruh harian, bongkar muat di pasar tradisional dan memulung mengumpulkan, barang bekas untuk dijual kembali ketempat pengepul barang rongsokan.

Petugas puskesmas natai palingkau, setiap hari melakukan pengecekan kesehatan warga terdampak banjir di kelurahan baru, yang ada di pengungsian maupun mendatangi warga yang masih bertahan di rumah-rumah untuk diperiksa kesehatannya dan memberikan obat-obatan termasuk kepada anak-anak.

Menurut dokter chika, kebanyakan penyakit pasca banjir warga akan kehilangan daya tahan tubuh dan rentan terhadap penyakit, kususnya kepada para lansia dan menghimbau untuk memeriksakan kesehatannya ke puskesmas.

(Rudi Bintoro)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments