Katingan

Waspada Banjir, Anggota DPRD Katingan Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan

KATINGAN – Meskipun hingga saat ini curah hujan di Kabupaten Katingan belum menyebabkan banjir, namun Yudea, anggota DPRD Kabupaten Katingan, mengingatkan masyarakat di 13 Kecamatan untuk tetap waspada menghadapi potensi risiko banjir.

Menurut Yudea, yang juga merupakan kader terbaik Partai PDI-P di bawah bimbingan Megawati Soekarno Putri, kondisi geografis Katingan yang sebagian besar penduduknya berada di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Katingan membuat daerah ini rentan terhadap banjir. Oleh karena itu, walaupun belum terlihat tanda-tanda banjir, kewaspadaan tetap diperlukan.

Sabtu 11/03/2023, Ia mengatakan, "Meskipun belum ada tanda-tanda jelas banjir, kita tetap harus waspada," ucapnya.

Yudea menyadari bahwa curah hujan tidak hanya terjadi di wilayah hulu Katingan, melainkan merata di semua wilayah Kecamatan, dari hulu hingga hilir. Masyarakat dihimbau untuk selalu menjaga kewaspadaan.

"Jika kita perhatikan, hampir setiap hari terjadi curah hujan," tambahnya.

Tak hanya menghadapi potensi banjir akibat meluapnya air sungai, Yudea menambahkan bahwa masyarakat juga harus mewaspadai potensi banjir bandang, tanah longsor, dan menjaga lingkungan terutama Daerah Aliran Sungai (DAS) agar tidak terjadi penimbunan sampah-sampah,agar tidak terjadi hambatan pada aliran air nantinya.

Terakhir ia mengatakan, "entunya disini saya meminta agar masyarakat, mari kita bersama-sama menjaga lingkungan agar tetap aman dari potensi banjir," tandasnya dengan harapan agar kesadaran bersama ini dapat menjadi langkah preventif dalam menghadapi risiko banjir.

 

(Novryanto)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments