P. Raya

Wujudkan Generasi Emas Dan Tekan Angka Stunting, Polda Kalteng Gelar Gebyar Posyandu Presisi

PALANGKA RAYA - Wujud kepedulian terhadap masyarakat dalam upaya penurunan stunting. Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Polda Kalteng) menggelar kegiatan Gebyar Posyandu Presisi dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat, demi mewujudkan generasi emas 2045.

Polda Kalimantan Tengah menggelar kegiatan Gebyar Posyandu Presisi yang dilaksanakan di Aula Universitas Palangkaraya (UPR), Rabu, 08 Mei 2024. Kegiatan ini yang merupakan inisiasi Kapolda Kalimantan Tengah, Irjen Pol. Djoko Poerwanto, untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat. 

Kapolda Kalteng mengatakan, kegiatan ini adalah bukti komitmen kerjasama dengan seluruh pimpinan stakeholder, demi mewujudkan generasi emas 2045 dan juga menurunkan angka stunting yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah. Jenderal berbintang dua ini menjelaskan, stunting merupakan permasalahan yang harus dihadapi serius oleh seluruh pihak. 

Untuk diketahui, Stunting adalah kondisi yang ditandai dengan kurangnya tinggi badan anak apabila dibandingkan dengan anak-anak seusianya, serta kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak.

Dalam hal ini pihaknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan dokter spesialis anak, melalui pemeriksaan laboratorium sederhana, edukasi gizi seimbang dan edukasi pranikah. Pihaknya juga berkoordinasi bersama pemerintah provinsi dan kota, Kejaksaan Tinggi, TNI dan UPR, untuk mengatur strategi dalam mempercepat penurunan stunting melalui pelayanan kesehatan yang harus diperbaiki ke depan sehingga sumber daya manusia yang berkualitas dapat terwujud.

Kegiatan Gebyar Posyandu Presisi juga dilaksanakan serentak di 14 kabupaten kota di Kalimantan Tengah dengan harapan seluruh masyarakat di daerah lain bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal.

 

(Surya Adi Winata)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments