P. Pisau

20 Desa di Pulpis Selenggarakan Pilkades Tahun 2022

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pemkab Pulpis) pada Tahun 2022 akan melaksanakan Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak. Setidaknya ada 20 desa yang akan menggelar pilkades serentak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa (DMPD) Kabupaten Pulang Pisau Hj Deni Widanarni mengungkapkan, 20 desa yang akan menggelar pilkades itu rata-rata para kepala desa akan mengakhiri masa tugasnya pada Mei 2022.

“Untuk itu, pelaksanaan pilkades itu kami upayakan dilaksanakan pada Mei atau awal Juni," ucap Hj Deni sapaan akrab Kepala DPMD Pulpis itu.

Ia mengunhkapkan beberapa Desa yang akan melaksanakan Pilkades hampir tersebar di seluruh kecamatan di wilayah Bumi Handep Hapakat.
"Enam Desa Di Kecamatan Sebangau Kuala. Sisanya tersebar di tujuh kecamatan lainnya,” kata Deni.

Deni mengungkapkan, sesuai dengan ketentuan untuk persiapan dilakukan enam bulan menjelang pelaksanaan pilkades akan dilaksanakan sosialisasi masing-masing desa dan kecamatan.

Terkait berapa anggaran yang akan digelontorkan dalam pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa itu, Deni mengaku belum bisa menyampaikan.

“Untuk anggaran masih kami kalkulasi. Yang jelas, untuk logistik kotak suara DPMD sudah memiliki logistik tersebut. Jadi tidak perlu anggaran untuk pengadaan kotak suara. Untuk anggaran nanti ada sharing dana dengan desa,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk panitia kecamatan dan kabupaten nanti akan menjadi tanggung jawa kabupaten melalui APBD.

Sedangkan panitia tingkat desa menjadi tanggung jawab desa dengan alokasi dana desa (ADD).

"Anggaran akan segera kita bahan," tutupnya.

 

(Antang)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments