P. Raya

23 Wartawan Lulus UKW XVIII, Jaga Marwah dan Kode Etik Jurnalis

PALANGKA RAYA - Kemampuan wartawan dalam bekerja kembali diuji dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah Angkatan XVIII.

23 orang jurnalis di nyatakan kompeten dalam ujian tersebut, yang di laksanakan di Aula Hotel Aurila Palangka Raya, selama 2 hari, sabtu dan minggu, 23-24/9/2022. Kegiatan yang diikuti 25 wartawan dari berbagai media di Kalimantan ini menghadirkan beberapa orang penguji dari PWI Kalsel dan Kaltim .

Uji Kompetensi dibagi dalam beberapa jenjang yaitu Kompetensi tingkat Muda dengan penguji Zainal Helmi sekaligus ketua PWI Kalsel, tingkat Madya di uji oleh Endro S Effendi dari PWI Kaltim serta penguji di tingkat Muda masing masing di uji oleh Harris Sadikin, Pahit Narotama dari PWI Kalteng dan Toto Fachrudin Dari PWI Banjarmasin Kalimantan Selatan, Serta 5 orang  penguji magang.

Penguji utama Endro Effendi mengatakan, kegiatan bertujuan untuk mengukur dan membuktikan apakah wartawan sudah kompeten atau belum dalam pekerjaannya dan peserta dinyatakan lulus, bila mempunyai nila  minimal 70 dari setiap mata uji.

Terpenting bagi wartawan adalah bagaimana menjaga kompetensinya dan menjaga marwah serta memahami juga bahwa profesinya mempunyai konsekwensi Hukum. Dody salah satu peserta UKW jenjang Utama berharap kegiatan seperti ini bisa meningkatkan dan mengetahui kualitas diri jurnalistik bagi wartawan.

Kegiatan di akhiri penyampaian pesan dan kesan peserta selama mengikuti kegiatan dan di tutup secara resmi oleh ketua PWI Kalteng Harris Sadikin dengan poto bersama .

(Altius Utama)

 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments