P. Raya

Achmad Rasyid Dorong Manfaatkan Lahan Terbatas Dengan Sistem Tumpang Sari

Palangka Raya - Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Achmad Rasyid mendorong pemda serta masyarakat agar dapat memanfaatkan lahan terbatas dengan menerapkan sistem tumpang sari dalam hal mengembangkan sektor pertanian, peternakan, perikanan maupun perkebunan.

Dia mengatakan, menerapkan sistem tumpang sari menjadi salah satu solusi bagi pemda maupun masyarakat yang memiliki lahan terbatas. Sebab, sistem ini terintegrasi dalam satu tempat pengembangan, baik pertanian, peternakan, perikanan serta perkebunan. Dengan demikian, pengelolaan lahan akan lebih optimal.

"Kalteng ini harus dapat mencontohkan provinsi tetangga yakni Kalsel. Mereka sudah selangkah lebih maju dalam hal pengelolaan sektor pertanian, terutama menerapkan program integrasi pertanian," ucapnya, Senin, 26 Desember 2022.

Dia menceritakan, saat pihaknya melakukan kunjungan kerja ke Kalsel, disana mereka banyak memdapatkan informasi mengenai program integrasi pertanian yang diterapkan provinsi tersebut, di mana perkebunan karet sudah menerapkan sistem tumpang sari, dan di lokasi yang sama ada juga peternakan dan perikanan.

Oleh karena itu, dirinya berharap pemda Kalteng juga dapat mengimplementasi hal yang sama baik di sektor pertanian, perkebunan, peternakan maupun perikanan dengan menerapkan sistem tumpang sari agar dalam hal pengelolaan lahan bisa lebih produktif dan optimal.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments