P. Raya

Achmad Rasyid Prioritaskan Mitigasi Karhutla

PALANGKA RAYA - Memasuki musim kemarau ditambah dengan adanya fenomena El Nilo, koordinasi antar instansi menjadi elemen penting dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Achmad Rasyid mengatakan pemetaan dan mitigasi karhutla harus menjadi prioritas utama dalam menyongsong musim kemarau.

Pasalnya, ancaman karhutla selalu menjadi perhatian serius bagi wilayah Kalteng, sehingga langkah-langkah koordinasi yang solid sangat diharapkan untuk dapat meminimalkan risiko kebakaran.

Ia mengajak seluruh instansi terkait untuk melakukan koordinasi yang efektif guna merencanakan langkah-langkah konkret dalam menghadapi kemungkinan terjadinya karhutla.

"Kami mendorong agar instansi terkait melakukan koordinasi sejak dini. Melalui kerja sama yang solid kita dapat merencanakan langkah-langkah penanganan karhutla yang tepat, termasuk upaya pencegahan, pemetaan daerah rawan karhutla, dan strategi mitigasi yang efektif," ucapnya, Kamis, 10 Agustus 2023.

Selain itu, ia juga menyoroti pentingnya memanfaatkan pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya dalam menghadapi musim kemarau. Pengalaman dan pelajaran dari penanganan karhutla di masa lalu dapat menjadi modal berharga dalam menyusun rencana aksi yang lebih baik untuk tahun ini sehingga lebih siap dan tanggap dalam mengatasi ancaman karhutla.

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments