P. Raya

Agustiar Sabran Kembali Terpilih Sebagai Ketua DAD Secara Aklamasi Pada Musda III

PALANGKA RAYA  - Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Musyawarah Daerah atau Musda III yang diselenggarakan di Rumah Betang Hapakat di Jalan RTA Milono Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada Minggu, 7 November 2021.

Musyawarah Daerah ke III yang diselenggarakan di Rumah Betang Hapakat mengangkat tema "Merajut Keberagaman Sesuai Falsafah Huma Betang Berlandaskan Kearifan Lokal dan Bingkai NKRI”. Serangkayan acara yang diikuti oleh 14 kabuten dan kota ini beragendakan pememilih ketua umum Dewan adat dayak periode 2021 – 2026. Pemiliham diselenggarakan secara musyawarah dan seluruh DAD kabupaten/kota mendukung serta menyepakati Agustiar Sabran sebagai Ketua Umum DAD Kalteng. Selian itu, dukungan juga diberikan DAD Provinsi Kalimamtan Tengah dan MADN kepada Agustiar Sabran. 

Agustiar Sabran dalam sambutannya mengatakan dewan adat dayak adalah sebuah lembaga bukan ormas yang fungsi utamanya adalah mengangkat harkat martabat masyarakat Kalimantan Tengah secara umum dan mengangkat harkat  martabat orang dayak khususnya.

Agustiar sabaran juga berharap kedepannya semua ormas Dayak yang ada di Kalimantan Tengah dapat turut terlibat dalam membangun Kalimantan Tengah menjadi lebih baik lagi.

Pada kesempatan yang sama Sekjen Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Yakobus Kumis mengatakan, kegiatan hari ini berjalan dengan baik karena pemilihan dilakukan secara muswarah mufakat. Hal itu merupakan gambaran dari semangat rumah betang itu sendiri. Kedapannya bukan soal pemimpin lagi tapi bagaimana orang-orang yang di pimpin dapat bersatu. Karena perstuan itu penting untuk membuat kekuatan besar mewujutkan cita-cita Suku dayak.

Sekjen Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) juga berharap di bawah kepemimpinan Agustiar Sabran DAD akan lebih baik dan dirasakan manfaatnya.

(Fardoari Reketno)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments