Barsel

Lanting Pelabuhan Pasar Lama Buntok Hanyut

BARITO SELATAN - Lanting pelabuhan transportasi di pasar lama Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan hanyut terbawa arus sungai, senin (8 november 2021) sekitar pukul 09.00 wib. 

Tampak lanting tersebut  hanyut bersama orang yang ingin  berpergian mengunakan transportasi sungai barito. Terlihat juga para warga berteriak histeris melihat lanting yang hanyut terbawa arus sungai.

Berdasarkan keterangan warga, penyebab lanting pelabuhan pasar lama hanyut, lantaran tiang tambat patah hingga tidak sanggup lagi menahan arus sungai yang sangat deras, membuat tali penahan dan penarik lanting terputus.

Dalam peristiwa yang sangat langka ini sempat menggegerkan  warga di buntok. Untung nya lanting yang hanyut hingga beberapa kilometer, bisa di evakuasi ketempat semula berkat kerjasama antara kepolisian, pihak dinas pehubungan Barsel juga bantuan dari warga, hingga akhirnya dermaga bisa dievakuasi dari daerah hilir buntok, tepatnya di wilayah Kampung Sper, Kelurahan Hilir Sper, Kecamatan Dusun Selatan Buntok Barito Selatan.

Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa dan saat ini lanting tersebut sudah berada ditempatnya setelah sebelumnya ditarik dibantu oleh sebuat kapal tag boat. Sebagai informasi lanting pelabuhan pasar lama tersebut merupakan penghubung antara kecamatan,kabupaten  dan provinsi tetangga. Selain itu, lanting tersebut juga biasa digunakan sebagai akses menuju sekolah di seberang barito.

(Ary Mampas)

 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments