Kotim

Ajang promosi Pelestarian Cagar Budaya dilakukan Disbudpar dalam Pawai Pembangunan di Kotim

SAMPIT - Sabtu 19/08/2023, langkah aktif dalam mempromosikan pelestarian cagar budaya dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI), dilakukan oleh  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Dengan mengusung tema pelestarian cagar budaya dengan menyoroti miniatur bangunan bersejarah, Rumah Betang Tumbang Gagu, menjadi pilihan Disbudpar Kotim, yang dipimpin oleh Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Dinas, Utari Riambarwati.

Bangunan bersejarah ini dibangun selama tujuh tahun, dari 1870 hingga 1877. Dengan usianya yang mencapai 146 tahun, Rumah Betang Tumbang Gagu menjadi fokus dalam upaya pelestarian cagar budaya di wilayah ini.

Pada pawai tersebut para peserta pawai tampil dalam kostum yang menggambarkan tokoh-tokoh bersejarah dan budaya, seperti panglima burung, Bahuntai Anjing Gaib, serta para pendukung yang mencerminkan adat budaya dan kesenian masyarakat pada masa tersebut. Sembari mengiringi mobil hias bertema Rumah Betang Tumbang Gagu.

Seiring dengan perayaan HUT ke-78 RI, pelestarian cagar budaya menjadi salah satu fokus penting yang mengingatkan masyarakat akan warisan bersejarah dan budaya yang perlu dijaga dan dilestarikan. Dengan menghadirkan putra-putri pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur, perayaan ini menjadi sebuah momentum untuk memperkuat kesadaran akan kekayaan budaya daerah dan mengajak semua pihak untuk turut serta dalam pelestariannya.

(Marselinus)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments