Kalteng

Alat Transportasi Warga Di Desa Kumai Seberang

PANGKALAN BUN - Alat trasportasi speed boatdan perahu getek bermesin yang ada di kecamatan kumai kabupaten kotawaringin barat, merupakan alat transportasi yang sangat dibutuhkan bagi warga yang bermukim di desa sungai sekonyer desa sungai bedaun desa sungai rimbang, yang rata-rata bekerja sebagai buruh di perkebunan kelapa sawit.

Dalam sekali penyeberangan baik menggunakan speed boat atau perahu getek bermesin untuk menuju ke dua desa seperti desa sungai sekonyer dan desa sungai bedaun tarif sekali penyeberangan perorang dikenai 10 ribu rupiah sedangakan untuk menuju ke desa sungai rimbang perorang dikenai tarif 20 ribu rupiah.

Menurut motoris speed boat bernama alam ramainya penyeberangan pada saat perusahaan melakukan pembayaran gaji karyawan perkebunan dan pencairan dana plasma pada awal bulan. Pasalnya warga yang bermukim di kumai seberang berbelanja kebutuhan bahan pokok, dilakukan sebulan sekali khususnya pada hari minggu.

Di hari biasa para motoris rata-rata bisa menghasilkan 300 ribu rupiah meski harus bergantian dengan motoris lainnya yang sudah diatur melalui antrian.namun diawal bulan bisa mencapai 700 ribu rupiah.

 sangat disayangkan hampir semua penumpang terlihat tidak ada yang menggunakan alat keselamatan seperti pelampung yang di siapkan.

(Rudi Bintoro)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments