Kapuas

Alokasi Dana Desa Kapuas Tahun 2023 Naik 62 Persen

KAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah tahun ini meningkatkan Alokasi Dana Desa atau ADD di daerah setempat sebesar 62 persen. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dDesa atau DPMD Kapuas, Budi Kurniawan , dalam konferensi pers pada jumat 27 januari 2023.

Dalam konferensi pers yang berlangsung di aula kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan mengatakan anggaran alokasi dana desa tahun 2023 telah ditetapkan sebesar seratus lima puluh delapan miliar lebih. Besaran alokasi dana desa tersebut mengalami peningkatan dibanding alokasi add tahun sebelumnya yakni sebesar sembilan puluh tujuh  miliar lebih atau mengalami kenaikan sebesar enam puluh dua persen pada tahun 2023. 

Sedangkan untuk Dana Desa atau DD yang bersumber dari Pemerintah Pusat tahun ini ditetapkan sebesar Seratus Delapan Puluh Satu Miliar lebih yang diperuntukan bagi sebanyak dua ratus empat belas Desa di Kabupaten Kapuas.

Menurut Budi Kurniawan meningkatnya alokasi dana desa pada tahun ini disesuaikan dengan besaran  anggaran pendapatan dan belanja daerah . 

Kepada wartawan Budi Kurniawan juga mengimpormasikan bahwa pada tahun ini penghasilan Badan Permusyawarahan desa atau BPD juga mendapatkan kenaikan, sepertihalnya penghasilan ketua bpd dari sebelumnya sebesar delapan ratus lima puluh ribu rupiah naik menjadi sebesar satu juta rupiah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan pun berharap anggaran ADD maupun DD dapat dipergunakan dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan harus dipertanggungjawabkan baik secara formal maupun secara material.

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments