Kotim

Amankan Tower Transmisi Dari Api, PLN dan BPBD Berhasil Amankan Pasokan Listrik

SAMPIT - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Desa Sungai Paring, Kecamatan Cempaga sempat mengancam pasokan listrik di Kalimantan Tengah. PLN dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kotawaringin Timur beserta masyarakat setempat bahu membahu memadamkan api yang mengepung tower transmisi milik PLN// Pada Senin (5/8/2024).

Kepala Pelaksana BPBD Kotim, Multazam mengatakan sejauh ini ada delapan kejadian sejak 5 Juli 2024 dengan luasan hampir satu hektare. Beberapa diantaranya terjadi di Jalan Sawit Raya, Jalan Walter Hugo, Jalan Antang Barat dan Desa Bapinang Hilir.

Berawal dari  Tim Patroli Manggala Agni yanh melakukan pengecekan lapangan hot spot ditemukan adanya kebakaran lahan. Kemudian melaporkan temuannya ke BPBD dengan estimasi luas lahan yang terbakar dua hektare.

Menindaklanjuti laporan tersebut pihaknya menerjunkan Satgas  penanggulangan bencana karhutla yang meluncur dan tiba dilokasi untuk segera melakukan pemadaman/ apalagi dilokasi kejadian dekat dengan tower transmisi milik PLN.

Namun selang berapa lama/ terdapat informasi bahwa terdapat satu tower yang terkepung api. Personil gabungan masih melakukan pemadaman hingga malam agar api bisa di blokir untuk mengamankan objek vital tower transmisi yang terdapat di dekat titik api.

Di lokasi kejadian masyarakat setempat juga membantu dengan membawa pompa portable. Kendala yang dihadapi pun bertambah saat malam tiba, terlebih lokasi tower yang terkepung api cukup jauh dari pemukiman sehingga tidak ada penerangan. Meski begitu, pemadaman tetap dilaksanakan.

Sementara itu, Manager Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Palangkaraya, Bayu Putra Andrianto mengatakan tower transmisi 150 kV yang terkepung api merupakan jalur _back bone_ penghubung Sampit  Bagendang  Kuala Pembuang, Pangkalan Bun  Pangkalan Banteng  Sukamara Nangabulik.

Di tambahkan Bayu  bahwa, tower 436 yang terkepung api berhasil di blockade dari titik api dan saat ini sedang dilakukan pengecekan kondisi tower, bracing tower,isolator dan aksesoris serta konduktornya. Dan PLN tetap  berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengamankan asset milik PLN lainnya disekitar lokasi karhutla. Bayu pun mengapresiasi sinergi BPBD serta stakeholder terkait yang terlibat dalam melindungi objek vital, sehingga pasokan listrik masih aman dan terkendali.

 

(Altius)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments