Katingan

Anggota DPRD Katingan Mendorong Pemindahan Sekolah Dasar yang Terancam Abrasi

KATINGAN - Budy Hermanto, selaku anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, telah mengungkapkan keprihatinannya terkait kondisi Sekolah Dasar (SD) di Desa Talingke, Kecamatan Tasik Payawan. Bangunan sekolah ini berisiko roboh akibat abrasi sungai Katingan yang baru baru ini terjadi.

MInggu 15/01/2023 yang lalu ia mengatakan, "Saya merasa miris melihat bangunan SD ini yang begitu dekat dengan aliran sungai Katingan dan rentan terhadap abrasi. Saya telah beberapa kali mengungkapkan keprihatinan ini, dan kami berharap SD ini dapat dipindahkan ke lokasi yang lebih aman," ungkapnya.

Ia menegaskan, "Kami juga telah mengusulkan relokasi ini saat melakukan kunjungan kerja dan reses di wilayah konstituen daerah pemilihan dua, yang meliputi Kecamatan Tasik Payawan, Katingan Kuala, Mendawai, dan Kampung," jelasnya.

Namun, hingga saat ini, aspirasi dan permintaan masyarakat tersebut belum terealisasi oleh pemerintah. Oleh karena itu, Budy Hermanto terus mengingatkan pemerintah kabupaten untuk memberikan perhatian serius terhadap pembangunan SDN Talingke di lokasi yang dianggap lebih aman dan terlindungi dari bencana.

"Ironis bahwa hanya ada satu bangunan sekolah dasar di Desa Talingke, dan sangat disayangkan jika anak-anak harus belajar di tempat yang tidak aman seperti ini, terutama dengan situasi banjir dan abrasi yang kerap terjadi," tegasnya.

(Novryanto)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments