Katingan

Puskesmas Pembantu di Katingan Hulu Sering Tutup: Keluhan Warga dan Tantangan Kesehatan

KATINGAN - Masalah penutupan berulang Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Kiham Batang, Kecamatan Katingan Hulu telah menjadi sumber ketidakpuasan bagi warga setempat yang membutuhkan layanan kesehatan.

Senin, 16/01/2023, Sugianto selaku Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan,  mengungkapkan keprihatinannya terhadap situasi di Pustu yang seringkali berhenti beroperasi. "Kondisi Pustu yang sering ditutup sangat mempersulit warga, yang membutuhkan pelayanan dan tindakan yang cepat, apalagi jika dalam kondisi darurat ," ujarnya tegas.

Meskipun tujuan awal Pustu adalah untuk mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat di desa, dalam empat tahun terakhir ini, fasilitas tersebut seringkali ditutup. "Ini adalah situasi yang sangat ironis. Sayangnya, Pustu hanya buka saat ada program pengobatan gratis," tambahnya.

Lebih lanjut, berdasarkan laporan yang diterima, tampaknya Pustu tersebut belum memiliki tenaga kesehatan yang bertugas. Sehingga, warga harus mengandalkan puskesmas di tingkat kecamatan untuk mendapatkan layanan kesehatan.

"Kasus ini terungkap ketika saya melakukan reses di wilayah hulu dan menemukan Pustu yang terkunci dan tidak beroperasi," ungkap Sugianto. Keadaan ini menciptakan tantangan serius dalam akses masyarakat terhadap perawatan kesehatan yang sesuai.

(Novryanto)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments