P. Raya

Anggota DPRD Palangka Raya Tekankan Pentingnya Literasi Keuangan untuk Melawan Pinjaman Online Ilegal

Palangka Raya - Adanya urgensi meningkatkan literasi keuangan di kalangan masyarakat, mengingat peningkatan jumlah pinjaman online (Pinjol) dan investasi ilegal yang merajalela di media sosial disampaikan oleh Anggota DPRD Palangka Raya, Noorkhalis Ridha.

Iamengatakan banyaknya  tawaran-tawaran menggiurkan ini dapat menjadi perangkap berbahaya jika masyarakat tidak memiliki pemahaman yang cukup. Oleh karena itu, pendidikan mengenai literasi keuangan menjadi hal yang sangat penting, dan pemerintah serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki peran besar dalam hal ini, agar bisa memberikan perlindungan pada masyarakat.

Ia juga menyoroti fakta bahwa meskipun OJK telah menutup banyak platform Pinjol ilegal, praktik-praktik tersebut masih berlangsung luas di masyarakat. Praktik ini merugikan dan menimbulkan kekhawatiran, sehingga perlu mendapatkan perhatian serius dari industri jasa keuangan.

“Industri jasa keuangan, terutama perbankan, harus mendukung akses pembiayaan yang lebih mudah bagi masyarakat. Ini akan membantu mengurangi keinginan masyarakat untuk menggunakan pinjaman online ilegal," tegasnya.

Ridha juga menyoroti kesulitan dalam mengajukan pinjaman di perbankan konvensional sebagai alasan mengapa masyarakat beralih ke pinjaman online ilegal. Oleh karena itu, ia mengusulkan agar industri jasa keuangan, terutama perbankan, dapat memberikan lebih banyak akses pembiayaan yang lebih mudah, untuk meminimalkan kesenjangan antara inklusi keuangan dan literasi keuangan.

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments