Barsel

Antisipasi !!! Atasi kekeringan di Desa Murung Paken, Pemkab Barito Selatan Beri Respons Cepat

Buntok - Dampak kekeringan yang muncul akibat fenomena El Niño di Desa Murung Paken, Kecamatan Dusun Selatan. Memunculkan reaksi cepat dari Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) untuk segera bertindak  menanganinya.

Pada hari Rabu, 16/08/2023, Pj Bupati Barsel Deddy Winarwan mengatakan dihadapan beberapa media yang ada diwilayah tersebut, " Begitu kami merasa informasi sduah cukup diterima, tim BPBD kami langsung turun ke lapangan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Murung Paken secara langsung," ungkapnya.

Saat ini  pihaknya telah membangun tempat penampungan air sementara dan menyediakan mesin untuk menyedot air dari sungai guna memenuhi kebutuhan masyarakat desa tersebut. Sekretaris Daerah Barsel, Edy Purwanto, menambahkan bahwa kekeringan di desa tersebut terkonfirmasi dari informasi yang diterima dari Camat Dusun Selatan.

"Saat ini, sumur warga dan sungai di Desa Murung Paken sudah banyak yang mengalami kekeringan, sehingga itu sangat mempersulit warga memperoleh air bersih untuk kebutuhan sehari hari" ucapnya.

Edy menegaskan bahwa Pemkab Barsel melalui BPBD sedang membangun tempat penampungan air bersih untuk konsumsi masyarakat di Desa Murung Paken. "Meski akses jalan darat menuju Desa Murung Paken sulit, kami akan berupaya mendistribusikan air bersih kepada masyarakat menggunakan kendaraan roda dua, yang pasti segala cara akan kami usahakan," tegasnya.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments