Barsel

Antisipasi Inflasi Pemkab Barsel Giatkan gerakan penanaman bawang merah

BUNTOK  - Dalam upaya mengendalikan inflasi di wilayah setempat Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah melaksanakan gerakan menanam bawang merah "Kegiatan perdana penanaman bawang merah di Desa Sababilah Kecamatan Dusun Selatan ini merupakan upaya kita dalam melakukan  gerakan tanam pangan cepat panen," kata Penjabat Bupati Barsel, Lisda Arriyana saat penanaman perdana bawang merah di Desa Sababilah, Rabu.

Ia menambahkan, penanaman bawang merah tersebut dilakukan agar komoditas penyumbang inflasi tertinggi ini dapat tersedia, sehingga dapat menekan harga bawang merah di pasaran.

Ia juga mengimbau kepada petani atau kelompok tani yang ada di daerah ini dapat mencontoh kelompok tani maju bersama yang telah ikut melaksanakan gerakan menanam bawang merah. "Hal itu mengingat, Barsel merupakan salah satu kota penyangga Ibukota Negara (IKN). Kesempatan dan peluang usaha di bidang pertanian, baik sektor pangan, hortikultura, peternakan, perkebunan dan juga perikanan dari hulu ke hilir ini dapat dimanfaatkan dengan baik," tambahnya.

Lisda juga menyampaikan, dalam kegiatan ini, pihaknya memberikan bantuan kepada kelompok tani maju bersama berupa bibit tanaman bawang merah, pupuk NPK, antracol dan dharmabas, dan handsprayer. "Kita meminta agar bantuan yang diberikan itu dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para petani," harapnya. Lisda Arriyana juga meminta kepada penyuluh pertanian lapangan supaya mengawal dengan baik proses penanamannya, sehingga tanaman yang ditanam bisa berhasil dengan baik. "Semoga melalui gerakan perdana penanaman bawang merah yang dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN) bersama kelompok tani pada hari ini dapat bermanfaat dan mampu menahan laju inflasi di Kalimantan Tengah ini," pungkas Lisda Arriyana.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments