Seruyan

Aturan Sewa Alsintas Harus Diperbaiki

KUALA PEMBUANG - Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo mengatakan, mengingat saat ini sudah memasuki musim tanam, keberadaan alsintan sangat berperan penting untuk membantu masyarakat petani dalam mengolah lahan.

Menurutnya, dengan adanya program baru dari pemerintah daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan, yakni sewa Alsintan bagi petani harus disosialisasikan agar masyarakat tau caranya mendapatkan sewa Alsintan tersebut.

“Saya berharap agar pihak DKPP bisa berperan aktif untuk memantau hal tersebut, terutama pada sewa Alsintan harus diatur dengan baik jangan sampai menimbulkan masalah,” Kamis 8/12/2022.

Adapun yang ia maksud adalah jangka waktu penyewaan alsintan harus diatur dengan baik. Jangan hanya sebagaian orang atau kelompok saja yang bisa menyewa. Aturan waktu sewa harus ditentukan bagi setiap orang, agar pihak lainya yg membutuhkan juga bisa meminjam.

Ia meminta kepada masyarakat petani agar meminjam atau menyewa alsintan tersebut secukupnya. Dan apabila sudah selesai pekerjaan, hendaknya segera dikembalikan kepada DKPP.

“saat disewakan alsintan juga harus di perhatikan oleh pihak DKPP, jangan sampai alat yang disewakan tersebut dimanfaatkan oleh oknum tertentu, misalnya alat yang di sewa malah disewakan ke orang lain dengan harga yang tinggi. Praktik itu tentu dilarang karena tujuan sewa alsintan untuk mempermudah petani,” pungkasnya.

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments