Business

Bajakah, Aplikasi Krida Kebahasaan Duta Bahasa Kalimantan Tengah 2021

PALANGKA RAYA - Sebagai upaya meng-internasional-kan Bahasa Indonesia, Duta Bahasa Kalimantan Tengah Tahun 2021 meluncurkan sebuah aplikasi yang diberi nama BAJAKAH sebagai krida kebahasaan mereka.

Peningkatan peran generasi muda dalam memantapkan fungsi bahasa Indonesia, pelestarian bahasa daerah, dan penguasaan bahasa asing, pemerintah mengadakan pemilihan Duta Bahasa Nasional sebagai motor penggerak generasi muda. Pemilihan Duta Bahasa Nasional tahun ini akan diselenggarakan pada 9-19 Oktober 2021 ini. Salah satu dari rangkaian kegiatan pemilihan Duta Bahasa Nasional adalah memaparkan program kebahasaan dan kesastraan yang telah dilakukan setiap perwakilan provinsi di Indonesia.

Sandy Ramadhan dan Winney Amiani, selaku perwakilan dari Kalteng sudah mempersiapkan beberapa program sejak bulan Juli 2021 lalu. Salah satunya adalah aplikasi Bajakah yang merupakan akronim dari Belajar Bahasa Indonesia melalui Pesona Kalteng. Aplikasi ini merupakan media bahan ajar BIPA atau Bahasa Indonesia bagi penutur asing berbasis digital yang memuat materi bahasa dan budaya Indonesia serta Kalimantan tengah.

Aplikasi Bajakah ini ibaratkan peribahasa, sekali mendayung dua tiga pulau terlewati. Artinya dengan aplikasi ini, kita telah mendukung berbagai upaya peningkatan citra bangsa yang sesuai dengan visi BIPA atau Bahasa Indonesia bagi penutur asing, seperti internasionalisasi bahasa, pelestarian budaya Indonesia dan pelestarian budaya local.

Dalam aplikasi Bajakah pada materi wisata sudah dicantumkan alamat masing-masing tempat, sehingga aplikasi ini juga dapat menjadi buku panduan bagi turis asing yang berkunjung ke Kalteng. Serta dalam aplikasi ini juga terdapat fitur lain yang menunjang pembelajaran seperti menu permainan teka-teki silang bahasa, pengingat waktu yang dapat dikustomisasi, serta kolom kritik dan saran bagi pengguna untuk upaya mengembangkan dan memperbaharui aplikasi.

Aplikasi Bajakah ini sudah dapat diunduh melalui Google Play Store. Selain aplikasi, tersedia juga modul Bajakah sebagai pilihan bagi pengguna. Tautan mengunduh aplikasi serta modul Bajakah telah diunggah pada laman Balai Bahasa Kalteng. Mereka berharap melalui aplikasi bajakah ini upaya menginternasionalkan bahasa Indonesia melalui internalisasi budaya dapat meningkat secara bertahap, sistematis dan berkelanjutan

Sandy dan Winney juga memohon atas dukungan masyarakat Kalimantan tengah dalam pemilihan Duta Bahasa Nasional 2021 yang akan dilaksanakan di Jakarta pada 14 hingga 19 oktober mendatang.

 

(Hary Reymondo)

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments