P. Raya

Balogo Kembali Meriahkan Festival Isen Mulang 2022

PALANGKA RAYA - Semarakan festival budaya isen mulang, pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah gelar beberapa cabang olah raga tradisional, salah satunya permainan balogo.

Permainan balogo merupakan permainan tradisional menggunakan batok kelapa yang telah dibentuk sedemikian rupa dan dibantu dengan sebuah alat dari kayu yang disebut panapak antau campa  sebagai alat pendorong logo saat di mainkan.

Permainan ini terdiri dari 2 tim yang bertanding, dengan masing-masing tiga orang pemain dalam satu tim. Permainan balogo selalu dipertandingkan setiap tahunnya,  dan untuk tahun ini kembali diperlombakan di halaman UPT taman budaya pada kamis 19 mei 2022.

Adapun Peserta Lomba Balogo kali ini diikuti oleh 11 Kontingen se-Kalimantan Tengah yaitu Kabupaten Kapuas, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Barito Timur,Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Barito Selatan,Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Lamandau dan Kota Palangka Raya. Setiap kontingen mengutus 1 regu putra dan putri yang terdiri dari 3 orang, dengan total tim putra 11 regu dan tim putri 9 regu.

Dengan diadakannya Lomba Balogo pada acara Festival Isen Mulang diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian upaya melestarikan nilai-nilai tradisi warisan masa lampau di tengah-tengah kehidupan masyarakat jaman sekarang.

(Fardoari Reketno)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments