P. Raya

Menang Dramatis, Palangka Raya Juara 1 Sepak Sawut

PALANGKA RAYA - Perhelatan FESTIVAL BUDAYA ISEN MULANG (FBIM ) Kalimantan Tengah Tahun 2022 menampilkan  salah satu Pertandingan Sepak Sawut (Sepak bola api), pertandingan unggulan yang dinantikan masyarakat  Kalimantan Tengah namun sempat absen selama dua tahun sebagai akibat pandemi covid19.

Antusias dan meriahnya pertandingan Sepak Sawut, yang dilaksanakan pada Rabu malam 19 Mei 2022, di Upt Taman Budaya Kalimantan Tengah itu, tampak dari ribuan warga yang hadir  untuk menonton Lomba Sepak Sawut.

Sepak Sawut atau Sepak bola api adalah salah cabang yang dilombakan dalam Festival Isen Mulang 2022 kali ini. Olah raga Tradisonal Kalimantan Tengah yang sudah ada  sejak dulu kala di Kalimantan Tengah itu, terdiri dari 5 orang pemain setiap timnya dan bola yang digunakan  adalah buah kelapa yang sudah dilumuri dengan minyak tanah, kemudian dibakar dengan api. Waktu lomba dua kali sepuluh menit dengan dua babak pertandingan.

Pada FESTIVAL BUDAYA ISEN MULANG Tahun 2022 ini hanya diikuti oleh empat (4) tim, yaitu Kota Palangka Raya, Kabupaten Sukamara Kabupaten Kuala Kapuas, dan kabupaten Barito TimurKarena hanya ada empat tim yang mendaftar ikut dalam lomba, maka pertandingan dilakukan dengan sistem semi final langsung.

Perebutan juara tiga dan empat berhadapan, tim Kab. Barito Timur dengan tim Kab.Kuala Kapuas, dengan dua kali perpanjanga  waktu. Akhirnya tim Kab.Barito Timur juara ke tiga dan cukup puas juara ke empat Kab.Kuala Kapuas.

Tim Sepak Sawut  Kota Palangka Raya masuk babak final, yang sebelumnya berhasil menyingkirkan tim Kab.Kuala Kapuas pada babak semi final. Dalam babak final berhasil mengalahkan Kab.Sukamara  dengan dua  kali perpanjangan waktu. Namun sampai habis waktu perpanjangan, masih sama kuat, akhirnya tim Kota Palangka Raya menang dengan pengundian koin oleh wasit yang sebelumnya sudah di sepakatiI oleh kedua tim.

Penyerahan hadiah juara satu (1) kepada Tim Kota Palangaka Raya, di serahkan oleh Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Hj. Adiah Chandra Sari dan Juara dua (2) Kepada Tim Kab. Sukamara diserahkan oleh Kadis Disparbudpora  Kota Palangka Raya Drs.Supriyadi dan Juara ke tiga (3) diserahkan oleh Suraji kepala UPT Balai Budaya Palangka Raya .

(Altius utama)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments