P. Pisau

Banjir Semakin Meninggi, Bantuan Beras Pemkab Pulpis Tak Kunjung Datang

PULANG PISAU - Informasi terkini kondisi Banjir di dua Kecamatan  diwilayah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) masih bertahan bahkan cenderung meluas. Menurut Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulpis Salahudin, untuk ruas jalan Trans Kalimantan yang melintasi Desa Penda Barania, Kecamatan Kahayan Tengah, Pulpis, masih digenangi air dengan panjang mencapai 1.64 km dengan kedalaman 41 cm.

"Hasil laporan dari Pos Lapangan (Poslap) di Desa Penda Barania, air kembali meninggi, kedalaman sekitar 41 cm dengan panjang mencapai1.64 Km. Di berapa Desa di Kecamatan Banama Tingang juga sama debit air terus meningkat," kata Salahudin saat dikonfirmasi rekan media.

Salahudin mengakui saat ini warga yang terdampak Banjir membutuhkan bantuan pangan. Sebab diketahui bencana banjir akan berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi dan aktivitas masyarakat lainnya.

"Memang yang sangat dibutuhkan dalam Bencana Banjir ini adalah Bantuan pangan. Namun untuk teknis bantuan ada Dinas terkait. Yang pasti Kami di BPBD siap membantu menyalurkan bantuan pangan kepada warga terdampak banjir ini,” ungkap Salahudin.

Terpisah Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pulpis Ekknamensi Tawun mengungkapkan pihaknya telah melengkapi administrasi berupa surat pengajuan pengambilan cadangan beras pemerintah (BCP) yang ada di Bulog Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Pengambilan beras cadangan pemerintah atau BCP yang ada di Bulog itu harus melalui surat permintaan Bupati, jadi saat ini sedang dalam proses pengajuan, kalau administrasinya beres dalam 1-2 hari beras tersebut segera kami salurkan," kata Tawun, sapaan akrab Kadinsos Pulpis.

Ia juga menyampaikan berdasarkan data yang diterima warga terdampak banjir di Kahayan Tengah dan Banama Tingang mencapai 5.428 jiwa. Dari data tersebut, lanjutnya, pihak Dinsos telah mengusulkan sebanyak 30.396,8 kg atau 30,3 ton lebih beras Bulog yang akan segera disalurkan kepada 5.428 jiwa warga terdampak banjir.

"Sekitar 30,3 ton beras telah kita usulkan bagi korban banjir di Kecamatan Kahayan Tengah dan Banama Tingang. Mudah-mudahan segera dapat kita salurkan," tutupnya.

 

(Antang)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments