Barsel

Barsel Perlu Bentuk Dinas Pemadam Kebakaran Tersendiri

BUNTOK - Adanya pernyataan bahwa Pemadam Kebakaran (Damkar) di wilayah Barsel perlu dibentuk menjadi organisasi atau dinas tersendiri. Hal ini sesuai dengan amanat Pasal 3 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 16/2020 tentang Pedoman Nomenklatur Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi dan Kabupaten/Kota. Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat Bupati Barito Selatan, DR Deddy Winarwan,

Pembentukan dinas Damkar tersendiri dinilai penting dan mendesak karena wilayah Barito Selatan cukup luas dan rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat musim kemarau. Saat ini, Damkar Barsel masih bergabung dengan Satpol PP dalam satu dinas.

"Proses pembentukan dinas tersebut sedang dibahas bersama-sama di DPRD Barito Selatan," jelas Deddy dalam keterangan persnya di Buntok, Senin.

Deddy juga menghadiri acara HUT ke-105 Damkar dan Penyelamatan di Kodam Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur pada Jumat (1/3). Ia mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh petugas Damkar yang telah menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat.

Pembentukan dinas Damkar tersendiri diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat dalam pelaksanaan tugas pemadam kebakaran maupun penyelamatan. Deddy juga berharap dukungan dari masyarakat Barito Selatan dalam mewujudkan jajaran Damkar yang profesional dan dapat memberikan pelayanan sesuai dengan harapan bersama.

"Petugas Damkar harus siap siaga, pantang menyerah dan tidak boleh lengah. Ketika ada kebakaran, mereka sudah harus siap dan terlatih dalam menanggulanginya," tegas Deddy.

 

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments