Seruyan

Bejo Riyanti Minta Pemda Seruyan Membuat Lumbung

KUALA PEMBUANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan Bejo Riyanto meminta kepada Pemerintah daerah agar menyiapkan lumbung padi untuk masyarakat dan memproduksi sendiri beras dari petani lokal, sehingga menjadi ciri khas beras dari wilayah Kabupaten Seruyan.

Hal tersebut di maksudkan demi menjaga kelonjakan kenaikan harga beras atau  terjadi kelangkaan ketersedian beras, sebab wilayah kabupaten Seruyan merupakan salah satu wilayah yang banyak terdapat petani padi, sehingga hal tersebut menurutnya perlu di lakuan demi menjaga ketersedian cadangan pangan daerah.

“ kita ketahui sendiri memang wilayah Kabupaten Seruyan ini merupakan salah satu daerah penghasil beras, namun saat ini hasil panen masih belum terkelola dengan maksimal, sehingga hal tersebut harus menjadi perhatian dari pemerintah daerah,” ujaranya Senin 9 Januari 2023.

Menurutnya dengan adanya lumbung padi di daerah tentunya kelangkaan bahan pangan bisa di hindari, dan dengan adanya lumbung padi diharapkan mampu mengontrol harga beras petani, sehingga saat panen patani bisa mendapatkan harga yang sesuai dan memuaskan, karean pembeli hanya para tengkulak yang kadang memberikan harga yang tidak sesuai.

Dirinya berharap agar pemerintah daerah bisa membeli beras hasil panen petani setempat, dan mempruduksi sendiri sehingga mampu memberikan harga yang bersaing ke masarakat dan petani.

“ Kami sangat berharap agar Pemerintah Daerah bisa membuat lumbung padi untuk menampung hasil panen padi para petani. Dengan adanya campur tangan pemerintah daerah tentunya harga gabah petani bisa dijaga dan terkontrol dari tengkulak-tengkulak yang datang saat panen raya, sehingga para petani bisa merasakan dengan maksimal hasil panennya dan mampu meningkatkan perekonomian keluarga ,” Jelasnya.

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments