Kapuas

Berbagai Lomba Tradisional Meriahkan Festival Seni Budaya Kapuas

KAPUAS  - Berbagai perlombaan tradisional kembali meriahkan festival seni budaya tinggang menteng panunjung tarung Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah tahun 2023 yang digelar pada Minggu 12 Maret 2023.

Lomba tradisional yang dilaksanakan di kawasan stadion panunjung tarung kuala kapuas ini mulai dari lomba lawang sakapeng, bagasing hingga lomba balogo.

Kegiatan lomba tradisional ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka memeriahkan hari jadi ke 217 kota Kuala Kapuas dan hari ulang tahun pemerintah kabupaten kapuas ke 72 tahun 2023.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga atau Disbudpora Kapuas Yakni Aguste, mengatakan dilaksanakannya lomba tradisional ini bertujuan untuk melastarikan budaya Kapuas dan Kalimantan Tengah pada umumnya agar tidak sampai punah.  

Adapun lomba lawang sakapeng diikuti sebanyak 55 regu, bagasing 15 group dan lomba balogo diikuti sebanyak 22 regu dari sejumlah kecamatan di kabupaten kapuas.

Sementara itu camat timpah, Arjoni mengatakan, dalam festival budaya dan seni tahun ini pihaknya mengikuti lomba bagasing dan balogo dimana masing-masing lomba diikuti sebanyak lima orang.

Arjoni pun berharap dalam ke dua lomba yang diikuti ini pihaknya dari kecamatan timpah bisa meraih juara. 

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments