P. Raya

BI Dan Pemerintah Diminta Tingkatkan Sosialisasi Terbitan Uang Baru

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Jhony Arianto Satria Putra, meminta kepada pemerintah setempat beserta pihak Bank Indonesia (BI) untuk menggencarkan sosialisasi untuk memperkenalkan terbitan uang kertas baru yang diluncurkan bertepatan dengan HUT RI ke 77.

“Penerbitan pecahan uang rupiah dengan desain dan inovasi yang baru saya rasa menjadi langkah baik untuk semakin menimbulkan rasa nasionalisme dan kecintaan tanah air. Untuk itu perlu digencarkan sosialisasinya kepada masyarakat,” katanya, Selasa 27 September 2022.

Selanjutnya, uang kertas baru tersebut diterbitkan terdiri atas pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000. Uang Tahun Emisi (TE) 2022 tersebut memiliki desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang disebut lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik. Anggota Komisi B ini berharap teknologi yang digunakan untuk uang baru itu dapat membuat uang Rupiah lebih mudah dikenali keasliannya. Selain itu, agar lebih nyaman dan aman digunakan serta lebih sulit untuk dipalsukan.

Lembaran uang kertas baru yang diterbitkan memiliki berbagai cerita dan narasi terkait kebangsaan indonesia, sementara itu untuk Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 tetap menggunakan gambar utama pahlawan nasional di bagian depan. Di terbitan uang kertas baru Tahun 2022 terdapat 8 foto pahlawan nasional diantaranya yang termasuk pasangan Proklamator RI, Ir Soekarno dan Mohammad Hatta.

Uang kertas baru tersebut bisa di daptkan di BI, dan masyarakat juga diberi kemudahan dalam menukar uang baru ini melalui layanan tukar uang baru secara online dengan aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah  atau PINTAR.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments