P. Raya

Bimbingan Teknis Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)

PALANGKA RAYA - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para Proktor dan Teknisi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang pendidikan menengah, Kegiatan dilaksanakan di Swiss Belhotel Palangka Raya, Senin (5/8/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan dan meningkatkan kapasitas serta kapabilitas proktor dan teknisi agar pelaksanaan ANBK tahun 2024 di Kalimantan Tengah berjalan lancar. Ketua Panitia, Apip Purnomo menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah untuk memastikan pelaksanaan Asesmen Nasional dapat terlaksana dengan baik. 

Dengan persiapan yang matang, diharapkan pelaksanaan ANBK di Kalimantan Tengah dapat berjalan lancar dan sukses. Bimtek ini diikuti oleh 186 proktor dan teknisi dari 186 SMA, baik negeri maupun swasta di Kalimantan Tengah. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, dari 5 - 7 Agustus 2024.

Plt. Sekretaris Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah Safrudin dalam sambutannya mewakili Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah Muhammad Reza Prabowo, menekankan pentingnya Asesmen Nasional dalam meningkatkan mutu pendidikan. 

“Assesmen Nasional adalah hasil evolusi dari evaluasi belajar mengajar selama puluhan tahun dan memegang peranan penting dalam mengukur serta mengambil kebijakan untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar," ujarnya.

Dijelaskan pula, data terbaru menunjukkan bahwa pelaksanaan Asesmen Nasional di Kalimantan Tengah mengalami peningkatan. Pada jenjang SMA/MA, 95,21% sekolah melaksanakan ANBK secara mandiri, sementara 4,19% masih menumpang. Untuk jenjang SMK, 96,35% melaksanakan secara mandiri dan 3,65% menumpang. Jika dibandingkan secara nasional, dimana 87,04% sekolah melaksanakan secara mandiri, Kalteng berada di atas rata-rata nasional.

"Saya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam membangun pendidikan di Kalimantan Tengah, terutama dalam pelaksanaan Asesmen Nasional. Melalui Bimtek ini, kami berharap para peserta dapat memaksimalkan segala informasi dan pengetahuan yang didapat untuk peningkatan layanan dan mutu pendidikan di Kalteng," tutup Safrudin.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan dan kemampuan proktor dan teknisi dalam menghadapi pelaksanaan ANBK, sehingga dapat memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan pendidikan yang semakin berkualitas dan BERKAH di Kalimantan Tengah.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments