Kobar

Bimtek  Budidaya Tanaman Buah Anggur Di Kobar

PANGKALAN BUN - Anggota DPR RI Komisi 4, utusan Kalimantan Tengah, Bambang Purwanto, bersama direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian RI, menggelar bimtek untuk memperkuat, sektor budidaya tanaman anggur, di Kabupaten Kotawaringin Barat pada Kamis 27/06/2024.

Kegiatan bimtek juga dihadiri Kadis Pertanian Kobar, Ir. Kris Budi Astuti, dan Wakil Ketua DPRD Kobar Bambang Suherman, serta Ibu Bambang Purwanto, bersama Ahli Hortikultura, Stakeholder terkait, dan para petani anggur dari 6 Kecamatan di Kobar, dan para petani anggur dari, Kota Sampit Kotawaringin Timur, guna membahas langkah strategis, dalam mengembangkan budidaya anggur di Kobar.

Menurut Bambang Purwanto, ditengah tingginya minat masyarakat, terhadap produk organik dan sehat, petani anggur di kobar memiliki, peluang cerah untuk bisa sukses, namun kunci utama bagi petani adalah, penguasaan ilmu cara membudidayakan, tanaman anggur yang benar.

Bambang Purwanto menegaskan, kepada peserta bimtek yang hadir untuk, tetap mengikuti arahan dari, nara sumber hingga akhir acara, karena untuk menjadi petani anggur yang sukses, harus dikuasai dulu ilmunya, agar tidak ada kesalahan yang membuat, pembudidaya merugi. 

Bambang Purwanto berharap melalui, sinergi antara Pemerintah Daerah, Khususnya Dinas Pertanian, serta partisipasi aktif masyarakat petani, industri anggur di Kotawaringin Barat, dapat berkembang secara, berkelanjutan dan bisa mengangkat, kesejahteraan para petani dan bisa, berkontribusi positif terhadap ekonomi regional.

Acara bimtek ini juga menjadi forum diskusi, antara para petani, akademisi dan stakeholder terkait, untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang, dalam meningkatkan kualitas, serta daya saing anggur lokal, juga sebagai solusi untuk meningkatkan, infrastruktur dan pelatihan bagi, petani serta pemanfaatan teknologi, modern dalam proses budidaya anggur di Kobar.

(Rudi Bintoro)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments