P. Raya

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono Hadiri kegiatan Borneo Forum 7 

PALANGKA RAYA - Borneo Forum 7 di Palangka Raya melaksanakan kegiatan atas dasar meminimalisir terjadinya pandangan negatif bagi perkebunan kelapa sawit.  Kegiatan ini mengangkat tema, “Jaminan Investasi Yang Aman Untuk Pembangunan Kebun Kelapa Sawit Berkelanjutan.” bertempat di Swissbell Danum Hotel Palangka Raya, Jumat 28 Juni 2024.

Diselenggarakannya kegiatan oleh Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) ini menandai momen penting bagi industri kelapa sawit Indonesia, karena memberikan platform bagi para pemangku kepentingan untuk bertukar pikiran, berbagi pengetahuan, dan memperkuat kolaborasi dalam menghadapi tantangan dan peluang yang dihadapi industri ini.

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), resmi membuka Borneo Forum 7 dan AHY menekankan pentingnya kolaborasi yang erat antara pemerintah, industri, dan masyarakat dalam mengembangkan industri kelapa sawit yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

 “Forum ini penting karena tentunya kita berupaya untuk terus meningkatkan produktivitas kelapa sawit di seluruh Indonesia, termasuk di Kalimantan Tengah. Kita berharap melalui forum semacam ini bisa dihadirkan berbagai solusi yang berkaitan dengan urusan lahan, tata ruang,” katanya.

Menteri juga menyoroti komitmen pemerintah daerah untuk mendukung pengembangan industri sawit yang ramah lingkungan dan memberikan manfaat sosial ekonomi yang merata bagi masyarakat.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia kegiatan Benhard R Setyawan mengatakan, adanya kegiatan itu untuk mengkampanyekan kelapa sawit bagi generasi z atau milenial. Untuk mendukung adanya keberadaan kelapa sawit di Kalteng.

"Kami ada melaksanakan lomba karya tulis ilmiah, videografi, dan berbagai lomba lainnya untuk mengkampanyekan kelapa sawit," tuturnya.

Ditambahkan oleh Kepala Divisi Perusahaan dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Achmad Maulizal menyampaikan bahwa secara produksi kelapa sawit cukup baik dan membantu program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) melalui percepatan sertifikasi lahan.

Sebagai informasi, Acara ini juga menjadi wadah untuk berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, industri, akademisi, dan organisasi non-pemerintah, untuk menyampaikan pandangan dan rekomendasi mereka dalam upaya meningkatkan kinerja industri kelapa sawit Indonesia secara keseluruhan.

Borneo Forum ke-7 berlangsung selama dua hari penuh pada Tanggal 28-29 Juni 2024 bertempat di Ballroom Swissbell Hotel palangkaraya, dan halaman Gor Indoor serbaguna Palangkaraya di mana diharapkan para peserta dapat memperoleh wawasan baru, membangun jaringan yang lebih kuat, dan meningkatkan kolaborasi untuk mendorong industri kelapa sawit Indonesia menuju masa depan yang lebih berkelanjutan dan berdaya saing.

Acara ini juga diharapkan dapat membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi regional serta kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah perkebunan kelapa sawit.

Kegiatan Seremonial Dihadiri oleh Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), didampingi oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran serta mantan Gubernur Kalteng sekaligus anggota DPD RI Agustin Teras Narang, Forkopimda Kalimantan Tengah, Ketua Umum GAPKI, Ketua GAPKI Cabang se Kalimantan, Seluruh Anggota Gapki Sekalimantan, Mitra Gapki, Akademisi, Mahasiswa.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments